Wisata di Magelang yang Bisa di Nikmati Pagi Hari

4 min read

Berikut Beberapa Tempat yang Bisa dikunjung di Magelang:

  • Desa Wisata Butuh

Desa wisata Butuh berada di Kecamatan Kaliangkrik lereng Gunung Sumbing dengan ketinggian 1.600 mdpl,dari ketinggian itu kita bisa menikmati pemandangan yang menyerupai dengan desa yang ada di negara Nepal, untuk tarif masuk ke desa wisata butuh kita hanya dimintai uang parkir saja yang untuk sepeda motor seharga Rp. 2.000 dan untuk mobil Rp. 10.000. dianjurkan untuk kesana sebaiknya naik sepeda motor soalnya rute menuju wisata ini terjal dan agak curam,kegiatan yang bisa dilakukan di desa Wisata Butuh kita bisa berkeliling didesa sambil melihat kegiatan penduduk lokal yang sedang menanam tumbuhan,jika kita ingin merasakan suasana pagi yang sejuk di desa butuh juga ada penginapan yang disewakan dan sudah ada penjual yang menyediakan makanan dan minuman, waktu yang disarankan untuk menikmati suasana yang terbaik saat pagi hari karena bisa menikmati sunrise yang indah.

  • Desa wisata  Nampan Sukomakmur

Desa wisata Nampan sukomakmur masih berada disekitar desa wisata butuh parlay tapi dengan view pemandangan yang berbeda disini kita disajikan panorama hamparan tumbuhan daun bawang yang ditanam oleh penduduk sekitar, untuk harga tiket kita dimintai Rp.10.000 per-orang, di tempat wisata nampan Sukomakmur sudah terdapat toilet umum dan kios jualan yang menyediakan makanan dan minuman,sama seperti ke desa Wisata Butuh disarankan jika ingin kesan sebaiknya menggunakan sepeda motor matic karena rute jalan yang masih serupa dengan desa wissata Butuh.

  • Silancur Higland

 Tempat wisata silancur Highland terletak di dusun Dadapan desa Mangli,Kecamatan Kaliangkrik.Kabupaten Magelang,disarankan waktu tebaik untuk kesana disaat cuaca cerah di pagi hari, untuk harga masuk ke silancur Highland Rp.10.000 untuk weekdays dan Rp.15.000 untuk weekend atau libur nasional,untuk fasilitas yang disediakan di sana toilet umum,tempat parkir,glamping dan mini camping, untuk rute jalan menuju ke Silancur Highland masih seperti desa wisata Butuh yang terjal dan berkelok-keelok.

  • Wisata Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo dengan ketinggian 1.894 mdpl terletak didesa Pandean,kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang,wisata gunung telomoyo termasuk unik soalnya kita bisa sampai kepuncaknya dengan mengendarai kendaraan yang kita bawa,untuk harga tiket masuk gunung telomoyo Rp.15.000,untuk jam buka loket di gunung telomoyo 24 jam.

  • Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng atau yang sekarang sudah berganti nama menjadi Taman Kyai Langgeng Ecopark terletak di jalan cempaka no 6 Kota magelang, di taman kyai langgeng memiliki luas sekitar27,36 hektar, di taman kyai langgeng kita biusa menikmati pemandangan gunung sumbing dan masih banyak fasilitas bermain yang lain seperti taman bunga,taman botanical,edu park,playground park,adventure park,dan culinary park, untuk harga tikrt di taman kyai langgeng Rp.40.000 per-orang dan untuk anak-anak umur 3 tahun wajib bayar, taman kyai langgeng sendiri buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 sore.

  • Gunung Tidar

Gunung tidar atau serng disebut Paku Ing Tanah Jawa(Paku Di Tanah Jawa) terletak tengah Kota Magelang dan dekat dengan akademi Militer(AKMIL),gunung tidar sendiri berada di ketinggian 503 mdpl,di gunung tidar terdapat situs makam kuno seperti makam Syaikh Subakir yang disinyalir sebgai penakluk gunung tidar bersama temannya yang berasal dari Turki Sayikh Jangkung untuk menyebarkan agama Islam di Indonesia,makam Kyai Sepanjang yang makamnya mencapai 7 meter yang bukan sesosok ulama tetapi jenis tombak yang digunakan oelh Syaikh Subakir untuk mengalahkan jin yang menunggu di Gunung Tidar;setelah dari makam itu ada makam kyai Semar, dipuncak gunung tidar terdapat tugu puncak gunung tidar dan tanah lapang   dan penjual makanan, di gunung tidar sendiri bisa berinteraksi dengan monyet yang hidup disana dengan memberi makan pisang atau minuman,di gunung tidar seing di gunakan sebagai pelatihan tentara akmil yang tidak jauh dari gunung tidar.harga loket masuk gunung tidar gratis dan jam bukanya sendiri 24 jam jadinkita bisa naik ke puncak saat malam hari karena sepanjang jalan sudah ada penerangan.

  • Ketep Pss

Ketep pass yang digunakan untuk memantau gunung merapi terdapat di Sawangan Kabupaten Magelang,untuk fasilitas yang ada disana seperti museum volcano yang berisi miniatur gunung merapi dan beberapa bebatuan waktu gunng merapi meletus,bioskop mini yang digunakan untuk menonton sejarah gunung merapi,teropong yang digunakan untuk melihat gunung merapi, jika kita merasa lapar didekat  ketep pass banyak penjual yang menyediakan jagung rebusa dan minuman hangat yang harganya masih murah,untuk harga masuk kisaran dari Rp. 7.000 sampai Rp. 10.000 untk harga parkir untuk sepeda motor seharga Rp. 2.000, mobil Rp. 5.000,bus kecil Rp.10.000,dan bus besar Rp. 12.000.

  • Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu  terletak di desa Karangrejo Kecamatan Borobudur, di tempat ini kita bisa melihat sunrise yang latar belakangnya gunung merapi,gunung merbabu dan candi Borobudur,untuk dapat menikmati sunrise kita harus jalan kaki menaiki bukit sepanjang 300 meter,di atas terdapat warung yang menjual minuman dan makanan jika kita kelelahan,untuk harga tiket masuk wisatawan domestik seharga Rp.15.000 dan Wisatawan mancanegara Rp.30.000,waktu yang terbaik menikmati sunrise di Punthuk Setumbu saat seblum jam 06.00 pagi.

Baca juga: https://bodington.org/mengenal-budaya-papua/

You May Also Like

More From Author