15 Tempat Wisata Alam di Lampung yang Tak Boleh Terlewatkan

10 min read

Tahukah Parents bahwa banyak sekali wisata yang dapat Anda kunjungi ketika berada di Lampung. Lampung kini menjadi salah satu destinasi yang menjadi tujuan sebagai tempat wisata atau melepas rasa penat. Tidak hanya pantai dan pulaunya yang indah, Lampung juga mempunyai wisata lainnya yang tidak kalah menawannya.

Berbatasan langsung dengan Bengkulu dan Sumatera Selatan, provinsi paling selatan Sumatera situs slot gacor ini menyimpan segudang kekayaan alam yang luar biasa. Hampir semua atraksi alam, Lampung memilikinya; mulai dari air terjun, lansekap ikonik hingga penangkaran hewan eksotik.

Dan sayangnya, belum banyak yang mengetahui keindahan alam yang disuguhkan tersebut. Ironis memang, mengingat Lampung hanya berjarak “selemparan batu” dari ibu kota Indonesia, Jakarta.

Nah, untuk Parents yang sudah siap traveling ke Lampung, kami punya sederet rekomendasi tempat wisata Lampung favorit yang bisa Anda datangi bersama keluarga, teman ataupun sendiri juga oke. Merangkum dari berbagai sumber, yuk, simak daftarnya!

15 Rekomendasi Tempat Wisata di Lampung

1. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang menawarkan pesona bawah laut nan indah yang belum banyak diketahui. Lokasinya berada di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Pulau dengan luas 1.084 hektar ini memiliki hutan bakau, pantai pasir putih, dan pemandangan bawah laut yang cantik. Pulau ini sangat cocok untuk berenang di pantai, banana boat, snorkeling, atau sekadar bersantai di pantai.

Pengunjung akan dikenai biaya masuk pulau sebesar Rp 5.000 per orang, sewa perahu untuk snorkeling Rp 20.000 per perahu, sewa alat snorkeling Rp 50.000 per set, banana boat dan Rp30.000 per orang. Menginap di Pulau Pahawang bisa dengan menyewa homestay dengan harga kisaran Rp 600.000 per rumah untuk 10–15 orang.

2. Pulau Balak

Tempat wisata di Lampung yang sebaiknya tak dilewatkan selanjutnya adalah Pulau Balak. Ini merupakan pantai berpasir putih dengan suasana yang sepi merupakan salah satu pulau kecil di Teluk Pidada, Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran.

Di pulau ini terasa sepi dan damai karena tidak berpenghuni, namun terdapat penjaga. Ada juga penginapan bila pengunjung ingin bermalam atau mendirikan tenda sendiri di pantai.

Serasa pulau pribadi, pengunjung bisa berenang di pantai, snorkeling, atau sekadar bersantai sambil menikmati camilan yang dibeli di warung sekitar atau membawanya dari rumah. Untuk memasuki pulau ini tidak ada biaya masuk, namun biasanya pengunjung dapat membayar seikhlasnya kepada pengurus pulau.

3. Wisata Alam di Lampung: Pantai Dewi Mandapa

Lampung memang terkenal dengan keindahan alam yang luar biasa mempesona, terutama pantainya. Pantai Dewi Mandapa tak hanya sekedar hamparan pasir putih beserta ombaknya yang bakal memanjakan Anda, namun terdapat pula beberapa spot wisata lain yang bisa Anda kunjungi seperti Pulau Cinta dan Dermaga Asmara.

Anda akan menemukan dermaga kayu dengan pondok-pondok kecil, ayunan, dan properti untuk berswafoto. Cocok banget buat yang suka foto-foto untuk update di media sosial. Namun untuk menuju lokasinya Anda akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp20.000 per lokasi.

Harga tiket masuknya sekitar Rp10.000 per orang (belum termasuk biaya masuk wahana lain). Lokasi Pantai ini berada di Gebang, Padang Cermin, Pesawaran, Lampung.

Baca Juga : 

12 Tempat Wisata di Taiwan Paling Populer yang Wajib Dikunjungi

4. Mata Air Way Sumpuk, Tanggamus

Mata Air Way Sumpuk mulai hits pada akhir 2016 lalu sebagai salah satu spot foto underwater yang murah meriah, tapi hasilnya tetap oke. Tempat ini memang tidak luas, tapi airnya sangat jernih, sehingga cocok buat yang ingin berfoto di dalam air.

Tiket masuk ke lokasi ini gratis, dan hanya dikenakan biaya parkir saja. Lokasi Mata Air Way Sumpuk ini berada di Desa Umbul Buah Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus, Lampung.

5. Lengkung Langit 

Salah satu tempat wisata di Kemiling Bandar Lampung yang sedang hits adalah Lengkung Langit. Ada 2 tempat Lengkung Langit yaitu Lengkung Langit 1 dan Lengkung Langit 2. Yang terbaru yaitu Lengkung Langit 2 resmi beroperasi pada September 2021 lalu.

Taman ini menyuguhkan beragam spot foto yang fotogenik berlatar pemandangan alam yang ciamik, tepatnya di kaki Gunung Betung.

Konsep diusung di Lengkung Langit 2 masih mirip dengan Lengkung Langit 1. Konsep berupa menawarkan wisata kuliner bergaya foodcourt sekaligus panorama Kota Bandar Lampung. Hanya saja di Lengkung Langit 2 juga bisa dapat view Teluk Lampung. Jadi pengunjung tidak hanya melihat Kota Bandar Lampung dari ketinggian tetapi juga pemandangan laut.

Tarif tiket masuk sebesars Rp20.000/orang (dewasa), sedangkan untuk anak-anak di bawah 5 tahun, tidak dikenakan biaya alias gratis.

6. Kebun Karet Trikora

Perkebunan Karet Trikora yang ada di Lampung Selatan ini disebut-sebut mirip dengan pemandangan di Jepang. Pohon-pohon karet di kanan dan kiri jalan saling bertautan, membentuk terowongan alami yang keren dan Instagramable.

Area perkebunan ini di bawah kepemilikan PT Perkebunan Nusantara VII (PTPN 7). Disarankan jika Anda berkunjung kesini pada sore hari sekitar pukul 15.00 – 17.00 WIB. Karena penerangan disana sangat minim, maka tidak disarankan untuk berkunjung pada malam hari.

Untuk biaya masuk, tidak ada tiket masuk pula di kawasan itu alias gratis. Lokasi tempat ini berada 20 km dari Kota Bandar Lampung, tepatnya di Perkebunan Karet Trikora, Desa Rejomulyo, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan.

7. Wisata Alam di Lampung: Air Terjun Putri Malu

Ingin menyaksikan langsung bagaimana kerennya air terjun di hutan tropis? Ayo melipir ke Air Terjun Putri Malu. Air terjun ini memiliki keistimewaan, tidak hanya berada di lingkungan pegunungan dengan hutan tropis nan asri, namun juga bentuk cucuran air yang lain dari biasanya.

Berbicara soal pemandangan alamnya, Air Terjun Putri Malu berada di tengah pegunungan hutan tropis. Anda akan menyaksikan pepohonan yang menjulang tinggi, tebing batu yang menarik dan merasakan hawa pegunungan yang sejuk.

Sementara cucuran airnya juga menarik. Air Terjun Putri malu memilki ketinggian ± 80 m dan jatuh ke bawah melengkung lembayung menyerupai punggung manusia yang sedang mandi. Hal inilah yang mendasari curup ini dinamakan “Putri Malu”.

Air terjun ini berlokasi di Juku Batu, Banjit, Kabupaten Way Kanan, Lampung. Jam operasional hanya Sabtu-Minggu jam 06.00 – 18.00. Ada biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 untuk menikmati eksotisme tempat ini. Worth it lah!

Baca Juga : 
7 Tempat Wisata di Hongkong yang Wajib Kamu Kunjungi

11 Tempat Wisata Seru di Thailand yang Wajib Dikunjungi

8. Air Terjun Ciupang

Selain Air Terjun Putri Malu, Lampung masih menyimpan pesona wisata air terjun lainnya. Air Terjun Ciupang merupakan salah satu atraksi wisata yang belum begitu ramai dijajaki sehingga masih sangat asri dan bersih. Hal yang paling mengesankan dari objek wisata di Lampung satu ini adalah struktur dinding jurangnya yang khas, seperti tembok bebatuan yang diukir.

Berlokasi jauh dari kota Lampung, Air Terjun Ciupang sangat asri dan alami. Pemandangannya juga masih istimewa, dengan suasana alam yang sejuk dan menyegarkan. Anda bisa mengunjungi lokasinya di Dusun Purwajaya, Desa Sumberjaya, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung

9. Pulau Tegal Mas

Rekomendasi tempat wisata di Lampung berikutnya yaitu Pulau Tegal Mas. Pulau ini merupakan pulau yang dikembangkan sebagai destinasi wisata andalan baru di Lampung. Tak kalah dengan pulau dan pantai eksotis di Bali, pasir putih, birunya laut, serta cottage dan villa bergaya tropical mewarnai Pulau Tegal Mas.

Obyek wisata ini dikelola pada tahun 2017 lalu. Karena pesona keindahannya, pulau dengan luas 113 hektar ini terbilang sukses menyedot animo wisatawan untuk berkunjung. Harga tiket masuknya sebesar Rp25.000 per orang (belum termasuk sewa alat). Alamatnya berada di Jalan Teluk Lampung, Pidada, Panjang, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

10. Puncak Mas

Puncak Mas sangat cocok untuk wisata keluarga. Lokasinya berada di perbukitan Kota Tapis Berseri. Wisata Puncak Mas ini menjadi destinasi favorit muda-mudi dengan menyajikan pemandangan kota dari ketinggian, sangat cocok dikunjungi saat sore atau malam hari.

Fasilitas di Puncak Mas mulai dari spot foto yang unik, Mushola di pohon durian, café terbuka, wahana permainan sepeda gantung, sampai arena bermain anak. Tiket masuknya sekitar Rp10.000 per orang. Lokasinya berada di Jalan H. Hamim RJP, Sukadana Ham, Tj. Karang Bar, Bandar Lampung.

11. Wisata Alam di Lampung: Pantai Teluk Kiluan

Meski namanya bukan pantai pasir putih namun lokasi ini menawarkan keindahan pantai berupa pasir putih dan laut biru yang terpantul langit cerah. Bila bosan maka bisa segera masuk ke area permainan lumba-lumba yang sedang melakukan atraksi.

Di pantai Teluk Kilauan ini lumba-lumba menjadi artis lokal yang menjadi idola para pengunjung, terutama anak kecil yang menyukai atraksi tersebut. Untuk bisa ke sini diperlukan tiket sebesar Rp 5.000. Lokasinya berada di Kiluan Negeri, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus, Lampung.

12. Pantai Gigi Hiu

Tempat wisata di lampung yang lagi hits selanjutnya adalah Pantai Gigi Hiu. Pantai ini berada di Pekon Susuk, Kelumbayan, Tanggamus Regency, Lampung. Dinamakan Pantai Gigi Hiu karena memang pantai ini memiliki bebatuan karang yang tajam seperti gigi hiu.

Selain itu, pantai ini juga disebut Pantai Batu Layar karena adanya batuan yang mengembang seperti bentuk layar di perahu. Pantai Gigi Hiu dipenuhi dengan batu-batu karang yang artistik menumpuk di sepanjang bibir pantai. Hal ini pula menjadi ciri khas dari pantai ini karena tidak ditemukan di pantai lainnya. Keunikan Pantai Gigi Hiu ini menjadikannya spot foto favorit wisatawan yang datang ke Lampung.

13. Pantai Marina Kalianda

Selain dikenal akan keindahan Pantai Gigi Hiu dan pantai-pantai di Pulau Pahawang, Lampung juga hadir dengan pesona Pantai Marina. Berlokasi di Merak Belantung, Lampung Selatan, Pantai Marina cukup mudah diakses dari kota Bandar Lampung. Pengunjung cukup menempuh perjalanan darat dengan mobil selama 1,5 hingga 2 jam dari Kota Bandar Lampung.

Pesona Pantai Marina Lampung terdapat pada hamparan karang yang berada di sepanjang pesisir pantai. Deburan ombak yang menghantam karang serta pasir putih pada pinggiran pantai menjadi daya tarik tersendiri di Pantai Marina Lampung ini.

Selain pantai, dalam lokasi wisata ini juga terdapat 3 goa yang semakin menambah daya tarik Pantai Marina Lampung. Nama salah satu goa tersebut adalah Goa Kehidupan. Goa ini menjadi salah satu spot foto favorit bagi para pengunjung.

Pengunjung cukup merogoh kocek sebesar Rp15.000 saja per orang serta biaya parkir mobil sebesar Rp10.000. Hal ini terbilang cukup murah mengingat betapa indahnya pemandangan yang ada di Pantai Marina ini.

14. Taman Nasional Way Kambas

Tak lengkap jika berlibur ke Lampung tanpa mengunjungi tempat yang satu ini. Taman Nasional Way Kambas merupakan salah satu taman nasional yang memiliki berbagai flora dan fauna. Lokasinya terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. Tempat ini juga menjadi lokasi pelatihan, perlindungan, dan konservasi Gajah Sumatera.

Di sini pengunjung dapat belajar dan berinteraksi langsung dengan para gajah. Way Kambas juga kerap dijadikan tempat penelitian satwa-satwa langka, baik dari peneliti nusantara maupun peneliti asing.

Pengunjung akan dikenai biaya masuk pada hari biasa sebesar Rp 5.000 per orang untuk wisatawan lokal, sebesar Rp 150.000 per orang untuk wisatawan mancanegara. Kemudian pada hari libur sebesar Rp 7.000 per orang untuk wisatawan lokal, dan sebesar Rp 225.000 per orang untuk wisatawan mancanegara.

15. Wisata Alam di Lampung: Alam Wawai Eco Park

Rekomendasi tempat wisata di Lampung yang terakhir yaitu Alam Wawai Eco Park. Tempat ini menawarkan suasana ramah lingkungan dan dapat menjadi destinasi di akhir pekan. Alam Wawai Ecopark ini memiliki area perkemahan yang unik menyerupai pemukiman suku Indian. Tempat ini terdapat amphitheater untuk menonton pertunjukkan musik.

Wisata ini di buka mulai pukul 10.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk hari biasa dikenakan biaya Rp15.000, untuk akhir pekan sebesar Rp20.000. Untuk menuju ke lokasi Alam Wawai Eco Park tidaklah sulit dari pusat kota Bandar Lampung. Hanya berjarak sekitar 1 km dan waktu setengah jam untuk sampai ke lokasi.

Lokasi tepatnya di Jl. H. Hasan Rais, Sukadana Ham, Tanjung Karang Barat, Sukadana Ham, Tj. Karang Bar., Kota Bandar Lampung, Lampung.

Nah, itulah sederet rekomendasi tempat wisata di Lampung yang wajib Anda kunjungi. Bagi Parents yang ingin berlibur di akhir pekan ini tetap patuhi protokol Kesehatan, ya.

You May Also Like

More From Author