Tips Bagi Orangtua untuk Membentuk Cinta Anak pada Budaya Tradisional

GENERASI muda Indonesia saat ini dihadapkan pada tantangan besar dalam menjaga dan memelihara budaya tradisional mereka. Kepedulian terhadap warisan budaya sering kali belum tertanam dengan kuat, sementara minat terhadap budaya asing lebih mendominasi.

Salah satu faktor penyebabnya adalah minimnya pemahaman akan kekayaan budaya Indonesia, meskipun bangsa ini memiliki tujuh warisan budaya dunia, dengan tiga di antaranya diakui secara internasional.

Dalam konteks arus globalisasi dan modernisasi yang semakin kuat mempengaruhi kehidupan sehari-hari, menjaga keberlangsungan budaya tradisional Indonesia menjadi semakin mendesak. Peran orangtua menjadi krusial dalam menginspirasi dan membentuk cinta serta penghargaan anak-anak terhadap warisan budaya bangsa.

Dalam konferensi pers Pagelaran Sabang Merauke, Senin (6/5), Didik Ninik Thowok, penari senior dan penyanyi dalam pagelaran Sabang Merauke The Indonexian Broadway, mengungkapkan pentingnya peran orangtua dalam mengenalkan mahjong ways 2 kekayaan budaya Indonesia kepada anak-anak.

“Orangtua harus mendorong atau mengajak anak-anak untuk menyaksikan kekayaan budaya Indonesia. Edukasi di lingkungan keluarga memiliki peran yang sangat penting,” katanya.

Dia juga menekankan bahwa belajar kesenian dapat membentuk karakter, seperti memperhalus perasaan, meningkatkan toleransi, dan mengendalikan emosi.

Lebih lanjut, Didik menegaskan bahwa kesenian juga mengajarkan kepada generasi muda untuk memiliki jiwa seni, yang penting dalam berkembang dalam berbagai profesi.

“Kesenian mengajarkan generasi muda untuk memiliki olah rasa dan jiwa seni, yang menjadi modal penting dalam kehidupan,” ungkapnya.

Lantas bagaimana cara yang tepat dalam mendidik anak agar bisa mencintai budaya Indonesia sejak dini? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Menjadi teladan

Orangtua adalah sosok utama yang menjadi panutan bagi anak-anak. Mereka cenderung meniru perilaku dan kebiasaan yang mereka lihat dari orang tua mereka.

Oleh karena itu, untuk memupuk cinta pada budaya tradisional Indonesia, orangtua perlu menjadi teladan yang baik. Salah satu cara yang efektif adalah dengan secara konsisten mengenakan pakaian tradisional seperti batik atau kain tenun dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, mendengarkan musik tradisional Indonesia seperti keroncong juga dapat menjadi bagian dari rutinitas keluarga.

You May Also Like

More From Author