10 Tempat Wisata di Jakarta Paling Hits 2023

10 min read

Tempat Wisata di Jakarta Paling Hits 2023

Nah, berikut ini Tempat wisata di ibu kota jakarta, rangkum deretan tempat wisata di Jakarta yang tidak boleh dilewatkan untuk anda jadikan sebagai destinasi liburan, diantaranya adalah:

1. Monumen Nasional (Tugu Monas)

Liburan ke Monas Liburan ke Monas

Lokasi: Jl. Tugu Monas, Gambir, Jakarta Pusat
Jam Operasional: 08.00-16.00 (tutup loket 15.00) .Kawasan Monas : 06.00-16.00, Senin Tutup
Nomor Telp: (021) 3504333
Harga Tiket: Dewasa: Rp 15.000 · Mahasiswa: Rp 8.000 · Anak-anak/pelajar: Rp 4.000

Rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang pertama adalah Monas. Monas https://www.restaurantesantaclara.com/ merupakan ikan dari Ibukota, bahkan dari Indonesia itu sendiri. Monas menjadi salah satu simbol kemerdekaan Indonesia ini memiliki tinggi sekitar 32 meter (433 kaki). Tugu Monas didirikan secara khusus untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajah Belanda. Monumen yang dibangun oleh Presiden Soekarno ini bermahkotakan lidah api yang dilapisi lembaran emas. Selain sebagai monumen untuk memperingati perjuangan melawan penjajahan, Monas kita menjadi salah satu tempat liburan di Jakarta yang selalu ramai oleh wisatawan, apalagi kalau akhir pekan dan musim liburan datang, Monas selalu dipadati oleh pengunjung. Monas dibuka untuk umum setiap hari sejak jam 8 pagi hingga 3 sore, kecuali pada Senin pekan terakhir setiap bulannya ditutup untuk umum.

Monas juga dilengkapi dengan Museum Sejarah Nasional Indonesia pada kedalaman 3 meter di bagian dasar. Museum ini cukup besar, dengan ukuran 80 x 80 meter, dapat menampung pengunjung hingga 500 orang. Terdapat lift yang akan membawa Anda ke puncak Monas setinggi 115 meter, Anda dapat menyaksikan panorama Jakarta dari puncaknya. Kapasitas lift menampung paling banyak 11 orang sekali angkut dan pelataran puncak Monas maksimal dapat menampung hingga 50 orang. Untuk dapat masuk, wisatawan yang datang harus membayar tiket dewasa: Rp 15.000 · Harga tiket untuk mahasiswa: Rp 8.000 · Harga tiket untuk anak-anak/pelajar: Rp 4.000, Untuk menggunakan lift ke puncak Monas, Anda dapat membayar tiket lift sebesar Rp 10 ribu per orang (dewasa) atau mahasiswa Rp 5 ribu.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia IndahTaman Mini Indonesia Indah

Lokasi: JL. Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta

Tempat wisata di Jakarta yang tidak kalah terkenalnya adalah Taman Mini. Taman Mini Indonesia Indah tidak hanya populer bagi warga Jakarta saja, tetapi juga ke seluruh penjuru tanah air. Bagi anda yang hendak liburan di Jakarta, jangan sampai tidak mampir di TMII. Wahana liburan untuk keluarga ini menyediakan wahana untuk dari anak-anak, kaum muda, dan orang tua. Anda pasti akan betah berlama-lama disini, anda dapat menikmati wahana seperti Kolam Renang Snow Bay, Taman Among Puro, tak ketinggalan pula Taman Ria Atmaja, Kereta gantung, serta puluhan wahana lain yang menarik.

Di samping wahana, TMII juga menawarkan wisata bernuansa edukasi yang cocok untuk kemajuan pendidikan anak. Beberapa wahana yang paling sering dikunjungi adalah teater keong mas yang unik, kereta gantung, kolam renang “snowbay” serta istana anak-anak Indonesia. Lokasi Taman Mini berada di Jakarta Timur di wilayah Cipayung.

3. Kepulauan Seribu

Taman Nasional Kepulauan Seribu via Pulauseribu

Lokasi: Kepulauan Seribu, Jakarta

Tempat liburan di Jakarta yang tidak boleh anda lewatkan selanjutnya adalah kepulauan Seribu. kepulauan seribu menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, terutama wisata bahari. Cakupan Kepulauan Seribu terdiri dari Pulau Harapan, Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Pari, dan puluhan pulau lain. Sebagian besar di antaranya menawarkan suasana santai jika dikunjungi bersama keluarga. Disini, anda bisa menikmati keindahan bawah laut yang sangat mempesona, pasir putih bersih yang halus, pemandangan matahari tenggelam yang cantik.

4. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya AncolTaman Impian Jaya Ancol

Lokasi: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Siapa sih yang tidak kenal dengan Ancol? Ancol Dreamland merupakan tempat liburan di Jakarta yang selalu ramai oleh wisatawan, baik dari Jakarta maupun luar Jakarta. Wisatawan yang datang berkunjung tidak hanya dari lokal saja, wisatawan dari mancanegara juga ramai yang datang berkunjung ke Ancol. Serupa dengan Taman Mini Indonesia Indah, Ancol Dreamland termasuk tempat wisata di Jakarta yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

Letak Ancol Dreamland cukup strategis sehingga mudah dijangkau dari berbagai arah. Dan seperti tempat wisata untuk keluarga pada umumnya, Ancol Dreamland menyajikan sejumlah wahana yang cocok dinikmati oleh semua golongan usia. Pantai Karnaval AncolPantai Karnaval Ancol Ada wahana Gelanggang Samudera, Dunia Fantasi, atau Sea World yang disukai kaum muda dan anak-anak. Tentu saja, Anda akan dikenai biaya lagi untuk menikmati wahana-wahana yang ada di Ancol Dreamland.

Adapun tiket masuk pintu gerbang Ancol adalah sebesar Rp 25 ribu serta tarif masuk kendaraan Rp 20 ribu (mobil) atau motor Rp 15 ribu.

Taman Impian Jaya Ancol juga menyediakan mall, resto, bahkan dermaga kapal pesiar menuju kepulauan seribu. Kawasan di utara ibukota ini memang mengkhususkan hiburan keluarga bagi segala umur. Lokasinya ada di wilayah utara, jika anda berangkat dari pusat kota (monas), maka hanya sejauh 7 kilometer saja. Tempat wisata keluarga ini begitu populer di Jakarta hingga ke seluruh mancanegara. Jadi wajar bila tempat wisata di Jakarta ini tak pernah sepi oleh pengunjung. Baik pengunjung dari dalam kota Jakarta maupun dari luar ibukota. Ocean Dream Samudra Ancol via TokopediaOcean Dream Samudra Ancol Di antara wahana tadi bisa dinikmati oleh semua golongan usia baik tua, muda maupun anak-anak. Namun, untuk bermain wahana dreamland kamu harus mengeluarkan biaya tambahan.

Lokasi Taman Impian Jaya Ancol cukup mudah dijangkau. Lokasinya berada di sekitar wilayah pusat kota. Tepatnya berada di utara dari monumen nasional atau Monas. Dari monas, Taman Impian Jaya Ancol hanya memiliki jarak 7 km. Jadi, bila kamu ingin mengunjungi Ancol sudah gak perlu bingung karena letaknya dekat dengan Monas.

5. Dufan (Dunia Fantasi)

Wahana Kora-kora dufan ancolWahana Kora-kora dufan ancol

Lokasi: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Dufan menjadi tempat liburan di jakarta yang selanjutnya. Dunia fantasi menjadi tempat bermain favorit keluarga, jadi sangat disayangkan kalau sampai tidak anda kunjungi. Memang, untuk area dufan tidak terlalu luas, hanya sekitar 9 hektar saja. Namun, di dalamnya terdapat berbagai wahana menarik yang siap memanjakan para pengunjung. Dunia Fantasi terbagi menjadi beberapa spot dengan background negara-negara besar di dunia, seperti hal-hal bernuansa Eropa, Amerika, dan Indonesia sendiri. Uniknya masing-masing spot ini dilengkap sejumlah wahana bermain yang cukup lengkap, seperti kolam renang ukuran besar dan berbagai fasilitas hiburan.

6. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang RagunanKebun Binatang Ragunan

Lokasi: Pasar Minggu, kota Jakarta Selatan

Nama kebun binatang ragunan tentu sudah tidak asing lagi di telinga anda. Kebun binatang andalan di Jakarta ini selalu ramai oleh wisatawan apalagi kalau akhir pekan, pengunjung akan memadati kebun binatang ini dari pagi hari. Ragunan sendiri sudah ada sejak lama, sekitar tahun 1864. Awalnya, kebun binatang ini dikelola oleh perhimpunan penyayang Flora dan Fauna Batavia. Luas area tempat wisata di Jakarta yang satu ini sebesar 147 hektar dan memiliki lebih dari 2.000 ekor satwa. Kebun binatang Jakarta yang populer ini juga ditumbuhi lebih dari 50.000 pohon, membuat suasananya menjadi begitu sejuk dan nyaman. Untuk bisa masuk, kita hanya membayar tiket Rp 4 ribu (dewasa) saja per orang dan anak-anak Rp 3 ribu. Anda dapat mengajak putra-putri untuk menaiki wahana dan satwa, seperti kuda tunggang, onta tunggang, kereta keliling, sepeda ganda, hingga menonton pentas satwa. Tetapi tentu saja, masing-masing wahana dan satwa tunggangan tersebut dikenai biaya.

7. Pulau Tidung

Liburan Seru ke Pulau TidungLiburan Seru ke Pulau Tidung

Lokasi: Pulau Tidung, kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu

Masih di Kepulauan Seribu, pulau Tidung menjadi salah satu tujuan wisata di Jakarta yang menarik untuk kita kunjungi. Pulau Tidung memiliki garis pantai yang begitu teduh dan asri, membuat wisatawan betah berlama-lama singgah di pulau kecil ini. Dominasi suasana yang tenang dan nyaman tentunya sangat cocok untuk bersantai bersama teman, kerabat, dan keluarga. Pulau tidung menjadi tempat favorit wisata pantai di Jakarta. Ada banyak fasilitas di Pulau ini, seperti Jet Sky, Water Sport, Olahraga Kano, Banana Boat, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang hobi mengunjungi tempat wisata air di Jakarta, Pulau Tidung adalah satu destinasi favorit untuk liburan keluarga.

8. Ocean Ecopark

Ocean EcoparkOcean Ecopark

Lokasi: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara

Ocean Ecopark merupakan salah satu tempat favorit untuk liburan di Jakarta, tempat ini menjadi spot favorit ngadain konser maupun party artis-artis lokal maupun luar negeri. Nah buat yang suka mancing, Ocean Ecopark baru meluncurkan sebuah program terbaru yang bernama Ecofishing, cuma dengan membayar tiket Rp. 25.000, kamu udah bisa memancing sekaligus dapat joran dan umpan. Disini anak-anak akan diajarkan back to nature, anak-anak dapat belajar menanam, bersepeda, top-tree walking. Konsep wisata disini liburan dengan cara bermain dan belajar botani di alam terbuka (green lifestyle). Harga tiket masuk ke ecopark akan kami ulas tersendiri karena tergantung macam permainan yang anda ingin gunakan. Kisarannya di harga Rp. 25.000 hingga Rp. 180.000 tergantung hari dan jenis permainan. Selain itu, terdapat juga rumah lebah, kano, paintball (khusus 14 tahun ke atas) dan outboundholic. Di sini juga tersedia eco-market yang tentu disukai kaum wanita khususnya sang ibu untuk memberikan oleh-oleh bagi kerabat.

9. Atlantis Water Adventure

Atlantis Water AdventureAtlantis Water Adventure

Lokasi: Taman Impian Jaya, Jl. Lodan timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Atlantis merupakan tempat wahana favorit untuk bermain air di Jakarta. Wahana ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Ada banyak wahana permainan air yang disediakan untuk pengunjung. Berbagai wahana permainan seru akan menjadikan liburan anda bersama keluarga semakin seru dan menyenangkan. Anda bisa menikmati fasilitas berupa Crazy Highest Longest Slide, 13 jenis permainan dan 8 kolam utama. Kolam-kolam tersebut tokoh  legenda Yunani yaitu Poseidon, Antila, Plaza Atlas, dan Aquarius. Ada pula kolam yang disebut Octopus, Atlantean, dan Kiddy Pool. Tempat wisata itu juga dilengkapi dengan kolam arus. Di wahana tersebut pengunjung bisa bersantai sambil menikmati seluruh pemandangan wahana water park tanpa harus lelah menjelajah. Anda cukup duduk di atas perahu karet yang bergerak mengikuti di kolam yang mengelilingi taman permainan air. Bagi yang tidak pandai berenang, silakan datang ke kolam apung. Kolam tersebut memiliki kadar garam yang cukup tingi sehingga Anda tidak akan tenggelam meski tanpa ban pelampung.

Suasana gelombang pantai juga bisa dirasakan dengan mengunjungi kolam ombak. Ombak buatan dapat dirasakan selama 15 menit setiap satu jam sekali. Bagi yang gemar berkompetisi, silakan berlomba di kolam tanding. Wahana itu dilengkapi garis lintasan serta pijakan lompat seperti yang biasa ditemui di lomba renang. Bagi yang hobi meluncur, silakan coba ‘seluncuran’ terbaru di Atlantis Water Adventure yaitu Crazy Highest Longest Slide di kolam luncur. Wahana tersebut berupa dua tabung seluncur. Tabung pertama memiliki panjang 122 meter. Sedangkan seluncuran kedua panjangnya mencapai 149 meter. Wahana itu disebut-sebut sebagai yang terpanjang dibandingkan wahana serupa di tanah air. Selain bermain air, pengunjung juga bisa mengasah otak dan fisik dengan mengunjungi wahana water outbond. Ada beragam fasilitas serta permainan seru seperti tangga tali, jembatan gantung, arena wall climbing, serta tali untuk bergelantungan. Usai bermain, pengunjung Atlantis Water Adventure bisa beristirahat sambil menikmati bekal. Tidak perlu khawatir bila Anda lupa mempersiapkan makanan dari rumah karena ada area food court. Di dalamnya ada Restoran Columbus Atlantis yang menawarkan makanan khas Amerika seperti burger dan ayam goreng. Ada juga Planet Baso yang khusus menyediakan hidangan bakso dan mie.

Jam Operasi

Senin-Jumat: 08:00 – 18:00 WIB
Sabtu/Minggu/Libur: 07:00 – 20:00 WIB

Note: Loket Penjualan Tiket ditutup 1 jam sebelum jam operasional berakhir

Tiket Reguler

Weekday Rp. 95.000 Weekend Rp. 185.000 (incld. Atlantis Value Card) Atlantis Value Card Rp. 185.000

10. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari masuk dalam kawasan Kepulauan Seribu. Tempat liburan di Jakarta yang satu ini merupakan tujuan wisata bagi kalangan menengah.

Pulau BidadariPulau Bidadari

Lokasi: Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Sel., Kabupaten Kepulauan Seribu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Untuk mencapai ke Pulau Bidadari, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari Pelabuhan Marina. Pulau Bidadari memiliki 49 cottages, dengan 23 unit tipe deluxe, 3 unit tipe suite yang memiliki sarana olahraga, 20 unit tipe family, 3 unit tipe family suite, 2 aula serba guna, bar, restoran dan toko cinderamata. Di sini kamu juga bisa berenang sama lumba-lumba.

Bagaimana? Sangat menyenangkan bukan? Tidak heran kalau Pulau Bidadari menjadi tempat liburan favorit di Jakarta.

Ayo berlibur ke Pulau Bidadari.

Baca juga: https://bodington.org/22-tempat-wisata-di-tangerang-dilengkapi-wisata-terbaru/

You May Also Like

More From Author