Seni Rupa Yakni: Faktor, Ragam, Fungsi, dan Umpamanya

Seni rupa yaitu wujud dari adat istiadat yang bersumber slot online 777 dari pemikiran atau perasaan manusia. Seni rupa telah ada semenjak berabad-abad lalu dan bisa kau lihat di museum.
Seni rupa juga termasuk dalam wujud tipe seni dengan medium yang bisa diamati secara kasat mata. Nah tidak hanya lukisan, seni rupa juga mempunyai berbagai wujud.

Pengertian Seni Rupa
Menurut buku Pengetahuan Dasar Seni Rupa (2015) oleh Sofyan Salam, dkk, seni rupa yaitu cabang seni yang menyusun karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dinikmati dengan rabaan. Corak seni rupa diwujudkan dengan mengolah konsep garis, bidang, wujud, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan tujuan keindahan.

Bedanya dengan tipe seni lain, seni rupa ini menjadi karya yang senantiasa menunjukkan nilai-nilai keindahan atau keindahan. Seni rupa berfungsi sebagai medium untuk memperindah suatu obyek atau daerah.

Faktor-Faktor Seni Rupa
Seni rupa terdiri dari lima unsur, yaitu:

1. Garis
Garis yaitu unsur seni rupa yang paling mendasar. Perwujudan seni rupa mulanya diawali dengan coretan garis.

Garis mempunyai 2 dimensi memanjang dan mempunyai arah serta sifat-sifat khusus, seperti pendek, panjang, vertikal, horizontal, lurus, melengkung, berombak dan seterusnya.

2. Raut
Raut yaitu nampak dari potongan atau wujud dari suatu obyek. Raut bisa terbentuk dari garis yang mencakup ukuran luas tertentu yang menyusun bidang.

Raut juga bisa berarti perwujudan sebuah obyek atau bidang. Bidang bisa berupa bangun beraturan seperti lingkaran, segi empat segi tiga atau tidak beraturan. Selain berupa bangun, benda juga mempunyai wujud plastis.

3. Ruang
Ruang menunjukkan dimensi dari karya seni rupa hal yang demikian. Ruang pada karya seni rupa berbentuk tiga dimensi sebab adanya volume yang memberikan kesan yang mendalam.

4. Tekstur
Faktor tekstur atau barik yaitu kualitas taktil dari suatu permukaan. Taktil artinya bisa diraba atau yang berhubungan dengan indera peraba.

5. Warna
Warna yaitu unsur yang memunculkan jesan dampak pantulan cahaya yang mengenai permukaan suatu benda. Dalam karya seni rupa, warna bisa berwujud seperti garis, bidang, ruang, dan nada gelap jelas.

You May Also Like

More From Author