Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi

5 min read
Ketika bicara perihal wisata di Jawa Tengah, Solo https://www.proautogroupllc.com/ dan Yogyakarta barangkali jauh lebih populer di kalangan banyak wisatawan. Namun ternyata, tersedia banyak terhitung lho tempat wisata Semarang yang menarik untuk dikunjungi. Dari taman bermain terbesar di Jawa Tengah, sampai tempat wisata alam nan Instagramable, semuanya tersedia di Semarang.
Tertarik liburan ke Semarang? Kami telah mengumpulkan  petunjuk tempat wisata di Semarang yang bisa kamu kunjungi. Sebagai catatan, enggak semuanya terdapat di di dalam Kota Semarang ya, namun tersedia terhitung yang letaknya agak di luar kota atau di lebih kurang Kabupaten Semarang.

1. Lawang Sewu

Inilah tempat wisata di Semarang yang ikonik banget. Bicara soal wisata Semarang, pasti aja harus menyebut Lawang Sewu! Merupakan bekas kantor pusat Perusahaan Kereta Hindia Belanda, gedung ini terhitung sempat dijadikan kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia dan Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer.
Sekarang, Lawang Sewu telah direvitalisasi dan dikonservasi jadi sebuah museum dan tempat wisata. Lawang Sewu merupakan salah satu objek wisata Semarang paling populer, dan populer dengan jumlah pintunya yang banyak sampai orang menyebutnya Lawang Sewu alias Seribu Pintu. Konon jumlah seluruh pintunya enggak sampai seribu kok, kamu bisa buktikan sendiri waktu berwisata ke sana!
Lawang Sewu terdapat di Jalan Pemuda, tak jauh berasal dari Simpang Lima yang diakui sebagai pusatnya kota Semarang. Kalau kamu pertama kali ke Semarang, berkunjung ke Lawang Sewu adalah harus hukumnya.
  • Alamat: Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132
  • Harga Tiket Masuk: Rp 10.000 – Rp 30.000

2. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park atau Saloka Park adalah sebuah taman bermain raksasa yang terdapat di Kabupaten Semarang, lebih kurang 1 jam pakai mobil berasal dari Kota Semarang. Letaknya tak jauh berasal dari Danau Rawa Pening, dan bisa dicapai dengan gampang terhitung berasal dari Ungaran dan Salatiga.
Saloka Park merupakan taman bermain terbesar di Jawa Tengah. Wahana yang tersedia pun bervariasi, berasal dari yang ramah anak sampai yang ekstrem layaknya Bengak Bengok, sebuah wahana berbentuk lingkaran yang bakal bergerak berputar dan maju-mundur secara cepat, dan apalagi bisa miring sampai 90 derajat; dan Paku Bumi, wahana yang bakal menyebabkan kamu merasakan sensasi dijatuhkan berasal dari ketinggian 38 mtr. selanjutnya diangkat lagi dengan kecepatan tinggi.
Saking besarnya Saloka Park, tempat wisata Semarang yang satu ini terbagi jadi 5 bagian lho! Masing-masing bagian miliki temanya masing-masing. Oh ya, jangan lupa menikmati panorama indah Rawa Pening berasal dari sebagian wahana yang cukup tinggi ya! Mengingat lokasinya jauh berasal dari pusat kota, kami terhitung merekomendasikanmu untuk berkunjung ke Rawa Pening di hari yang sama
  • Alamat: Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Kec. Tuntang, Semarang, Jawa Tengah 50773 (Dekat Rawa Pening)

Baca juga:

Tempat Wisata di Wonosobo dan Tiket Masuknya yang Murah Meriah, Wajib Dikunjungi

Tradisi Serta Budaya Nan Unik di Indonesia yang Sarat Makna

3. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong merupakan klenteng tertua di Semarang. Dikenal sebagai bekas tempat pendaratan dan persinggahan pertama Laksamana Cheng Ho asal Tiongkok yang beragama islam, Klenteng Sam Poo Kong dibangun di tempat ini untuk mengenang kedatangan Cheng Ho atau yang dikenal terhitung dengan nama Zheng He.

Klenteng Sam Poo Kong jadi tempat wisata di Semarang yang populer banget dikarenakan bentuknya yang benar-benar bagus dan terhitung dikarenakan beraneka festival dan acara keagamaan yang digelar secara reguler di tempat klenteng. Klenteng ini terhitung sering jadi tempat berfoto, terhitung oleh wisatawan berasal dari luar Semarang!
Klenteng Sam Poo Kong

  • Alamat: Jl. Simongan No.129, Bongsari, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50148
  • Harga Tiket Masuk: Rp 17.000 – Rp 55.000

4. Kota Lama Semarang

Sesuai namanya, Kota Lama Semarang merupakan sebuah tempat di Kota Semarang yang populer dengan bangunan-bangunan bersejarahnya. Merupakan pusat perdagangan di kota Semarang terhadap Abad 19-20. Kota Lama Semarang dikenal dengan banyaknya gedung tua bergaya Eropa yang unik yang dipertahankan melalui sistem konservasi dan revitalisasi, membuatnya jadi salah satu energi tarik utama wisata Semarang waktu ini.

Tidak tersedia tiket masuk untuk berkunjung ke Kota Lama Semarang. Kamu bisa berfoto di depan beraneka gedung bergaya Eropa di sini, atau sekadar bersantai di Taman Srigunting yang terdapat di tengahnya.

Kunjungi terhitung Gereja Blenduk, Gereja Kristen tertua di Jawa Tengah, yang miliki kubah atau dome yang ikonik. Sekadar minum kopi sambil duduk-duduk di salah satu kafe di tempat ini terhitung menyenangkan, kok!

  • Alamat: Jl. Letjen Suprapto No.31, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50137
    Harga Tiket Masuk: Gratis

5. Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara merupakan pagoda tertinggi di Indonesia, dengan tinggi menggapai 45 meter. Pagoda ini adalah salah satu berasal dari dua bangunan utama di Vihara Buddhagaya Watugong – bangunan utama lainnya adalah Pagoda Dhammasala. Namun di antara keduanya, Pagoda Avalokitesvara jauh lebih populer dan ikonik.

Sebab, tidak cuman statusnya sebagai pagoda tertinggi di Indonesia, Pagoda Avalokitesvara terhitung benar-benar indah, apalagi waktu malam sekalipun. Enggak heran vihara ini jadi salah satu objek wisata Semarang yang harus dikunjungi – setidaknya untuk berfoto dengan latar belakang pagoda indah ini!

  • Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50265
  • Tiket Masuk: Tidak tersedia tiket masuk, pengunjung bisa mengimbuhkan donasi seikhlasnya

You May Also Like

More From Author