Menjelajahi Macam Festival Kebudayaan Yang Ada Di Indonesia

Festival Kebudayaan Indonesia – Bhinneka Tunggal Ika—itulah Indonesia. Beragam tradisi dan kebudayaan eksis di Tanah Air dan untuk mengetahui semuanya mungkin agak susah ya. Oleh sebab itulah, perhelatan festival tradisi bisa jadi media pembelajaran yang pas. Sebuah jendela supaya kita bisa mengintip kekayaan tradisi Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Terdapat banyak sekali festival tradisi di Indonesia yang acap kali diwujudkan slot gacor gampang menang acara tahunan. Berminat mengetahui lebih dalam kebudayaan yang ada di Indonesia? Yuk, cari tahu lebih banyak tradisi dan tradisi Indonesia dengan mengunjungi bermacam-macam festival kebudayaan di Indonesia berikut:

1. Festival Erau Kertanegara di Tenggarong
Simak sejarah dan tradisi Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur yang dipentaskan pada Festival Erau Kartanegara. Festival kebudayaan di Indonesia satu ini bertujuan untuk melestarikan tradisi warisan kesultanan Kutai dan digelar di pertengahan tahun (Juni – Juli) setiap dua tahun sekali di Kota Tenggarong.

Festival Erau Kertanegara menonjolkan bermacam-macam atraksi dan kegiatan. Kau bisa memandang rangkaian upacara adat Dayak, seperti nyagahatan untuk menandai musim tanam dan panen. Kecuali itu, ada pertunjukkan tari-tarian khas Kutai, seperti tari Jepen dan tari Ganjur dan permainan ketangkasan tradisional (seperti gasing).

Festival tradisi di Indonesia ini kemudian ditutup dengan upacara Berlimbur. Upacara hal yang demikian menonjolkan pemandangan rakyat berkumpul di tepi sungai Mahakam untuk menyucikan diri dengan air.

2. Festival Jurang Baliem di Raja Ampat
Raja Ampat tak cuma familiar akan estetika alamnya yang mengagumkan, tetapi juga kebudayaannya yang amat kaya. Sekiranya kau mau kenali lebih dalam kekayaan tradisi dan adat di Raja Sangat, cobalah kunjungi Festival Jurang Baliem. Di Festival Adat Indonesia satu ini kau bakal menyaksikan seketika tradisi perang antara suku Dani, Lani, dan Yali lengkap dengan ritual, musik, dan tari-tarian yang jadi pemanasan sebelum mereka terjun ke medan perang.

Mulai dari kemegahan kostum serta keunikan tradisi menjadi hal yang amat menarik dari Festival Kebudayaan Indonesia ini. Festival Jurang Baliem dihelat selama tiga hari di bulan Agustus setiap tahunnya dan kau bisa mengecek jadwalnya di situs legal Festival Jurang Baliem.

You May Also Like

More From Author