Kenalkan Kurikulum Berbasis Outcome-Based Education (OBE) Untuk Program Studi Kependidikan

Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuanda (UNIDA) adakan Visiting Professor, yang membahas Review Kurikulum Berbasis Outcome-Based Education (OBE) Program Studi Kependidikan (4/3/2024)

Kegiatan ini mengundang Narasumber dari Universitas Terbuka, ialah Prof. Drs. Udan Kusnawan, M.A., Ph.D. yang ialah dosen Program Studi PGSD FKIP Universitas Terbuka, adapun materi yang disampaikan mengenai Teladan Pelajaran SCL Berbasis Komputerisasi

“Karakteristik Pelajaran SCL sebagai berikut Aktif & Dialogis artinya Memfasilitasi keterlibatan aktif mahasiswa, pengerjaan belajar yang menarik, bermakna, dan berbasis dialog, memanfaatkan interaksi sosial untuk memperkuat pemahaman, Konstruktivistik artinya Mendukung mahasiswa. untuk mengintegrasikan ide baru ke dalam pengetahuan yang sudah ada, memperdalam pemahaman mereka, Kolaboratif artinya Mendukung kerja sama tiendasdeconveniencia.org antar mahasiswa.

dalam berbagi ide, pengalaman, dan usul, memperkaya pengerjaan pembelajaran, Kontekstual artinya Bimbingan pembelajaran ke kondisi yang relevan dengan kehidupan riil, meningkatkan semangat dan relevansi materi, dan Reflektif artinya Memungkinkan mahasiswa. untuk merenungkan dan menyadari apa yang sudah dipelajari, menunjang pertumbuhan pribadi dan pemahaman mendalam.” tutur beliau

Ketua Regu Pengabdian, Megan Asri Humaira, S.S., M.Hum menerangkan, kunjungan ini dikerjakan dalam rangka pengerjaan Focus Group Discussion (FGD) sebagai salah satu rangkaian kesibukan pengabdian yang berjudul “Rekonstruksi Budaya Indonesia Melalui Teladan Pelajaran Pengenalan, Eksplorasi, Interpretasi, dan Komunikasi (Narasikom) dalam Menghadapi Asia Future Shock Bagi Siswa Sekolah Dasar Bogor”.

Dalam FGD ini dihadiri oleh Kepala Sekolah SD Amaliah, Wahyu Rahmat Maulana, M.Pd.I, beserta Guru-guru Wali Kelas 3, Regu Pengabdian, dan 7 mahasiswa PGSD UNIDA.

Megan Asri Humaira, S.S., M.Hum mengatakan, pengabdian ini dibiayai oleh Kemdikbudristek Dikti via Skema Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat Tahun Anggaran 2023.

Teladan Narasikom ialah hasil penelitian yang dikerjakan oleh Megan Asri Humaira, S.S., M.Hum bersama tim penelitian di tahun 2022 ialah Pengenalan, Eksplorasi, Interpretasi, dan Komunikasi, dimana siswa diharapkan bisa dengan gampang memahami apa yang mereka pelajari.

“Tujuan dikerjakannya kesibukan pengabdian di sekolah dasar untuk merekonstruksi kembali budaya Indonesia sebagai upaya menghindari pengaruh-pengaruh negatif dari adanya budaya asing yang masuk ke Indonesia pengaruh adanya Asia Future Shock bagi siswa sekolah dasar via contoh pembelajaran pengenalan, eksplorasi, interpretasi, dan komunikasi (Narasikom),” ujar Megan Asri Humaira, S.S., M.Hum menerangkan.

You May Also Like

More From Author