Hidangan Lezat Khas Libya, Sekali Coba Langsung Jatuh Cinta!

3 min read

Makanan Khas Libya Yang Lezat

Libya adalah salah satu negara yang terletak di Afrika Utara. Seperti negara-negara di Afrika, negara ini juga terkenal akan kekayaan kulinernya yang sangat beragam. Salah satunya olahan daging yang terkenal akan kelezatannya.

Tak hanya olahan daging, kuliner yang juga bisa dinikmati di sana adalah salad, roti, kue, olahan telur, hingga sup. Makin penasaran dengan apa saja kulinernya? Berikut enam hidangan lezat khas Libya yang sekali coba langsung jatuh cinta!

1. Kufta Bil Batinjal

Kufta bil batinjal merupakan makanan yang dibuat dengan membungkus kufta tradisional Arab dalam irisan terong. Kufta kemudian diisi dengan kombinasi daging giling, bawang, remah roti, dan telur. Untuk cita rasa yang semakin nikmat, maka juga ditambahkan dengan perasa seperti peterseli, lada hitam, kayu manis, pala, dan bubuk cabai.

Kufta yang sudah matang sempurna selanjutnya dibungkus dengan irisan terong yang sebelumnya telah dipanggang atau digoreng. Biasanya makanan ini dihidangkan dengan saus tomat pedas yang terbuat dari tomat, bawang putih, cabai, dan minyak zaitun.

2. Shakshouka

Shakshouka tak hanya terkenal di Libya, namun juga di beberapa negara Afrika lainnya. Makanan ini menjadikan telur rebus dan juga saus tomat pedas sebagai bahan utamanya. Hidangan ini cukup praktis dan simpel dalam pembuatannya karena dibuat dalam wajan di mana bawang, tomat, dan rempah-rempah dimasak sampai membentuk saus tomat yang lezat.

Selanjutnya, telur dimasukkan ke dalam wajan dan direbus sampai matang.

3. Bazin

Bazin merupakan sebuah roti yang tidak menggunakan ragi dalam proses pembuatannya. Makanan ini dibuat dengan merebus tepung barley dan garam dalam air. Setelah adoan siap, maka adonan dipukul dengan tongkat yang disebut magraf sampai mengembang. Setelahnya Sbobet Login lalu dipanggang atau dikukus. Roti ini memiliki tekstur yang keras dan sering dikonsumsi dengan sup berbahan dasar tomat, kentang, telur rebus, dan daging kambing.

4. Hasa Adas

Hasa adas merupakan makanan sejenis sup sehat yang juga ramah terhadap vegetarian. Sup yang menyehatkanini terbuat dari lentil, wortel, bawang, dan tomat. Untuk memperkuat rasa, maka sup akan dibumbui dengan bawang putih dan jinten. Setelah semua proses selesai, hidangan ini akan dihias dengan menggunaka bawang karamel yang renyah dan manis atau bisa juga diganti dengan potongan roti panggang.

5. Basbousa Bil Tamr

Basbousa bil tamr merupakan kue manis yang terbuat dari semolina, tepung biasa, kelapa kering, gula, mentega, susu, pasta kurma, dan baking powder. Kayu manis juga ditambahkan sebagai bumbu.  Kue ini paling enak didampingkan dengan kopi kapulaga Arab di sampingnya.

6. Salata Mashwiya

Salata mashwiya merupakan makanan yang mempunyai rasa yang pedas. Makanan sejenis salad ini bisa juga menjadi saus pedas yang nikmat. Bahan-bahan pembuatannya adalah tomat, paprika, bawang merah, terong, cabai pedas, dan bawang putih.

Semua bahan dicampur dengan merata dan kemudian dibumbui dengan biji jintan tanah dan dihiasi dengan buah zaitun dan telur rebus. Hidangan khas Libya ini sangat bervariasi dan juga menggugah selera. Selain itu, sebagian besar makanan ini juga kaya akan bumbu. Jadi bikin ngiler nih!

You May Also Like

More From Author