Budaya Yang Ada Di Lampung

4 min read

Budaya Yang Ada Di Lampung

Kota Lampung, serta seluruh Provinsi Lampung, memiliki kekayaan budaya yang beragam, tercermin dari tradisi, kesenian, kuliner, dan kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Berikut adalah beberapa aspek budaya yang dapat Anda temui di Kota Lampung:

  1. Kesenian Tradisional: Lampung memiliki beragam kesenian tradisional yang kaya akan warisan budaya. Contohnya adalah tarian seperti Tari Piring, Tari Gending Sriwijaya, dan Tari Serimpi. Musik tradisional Lampung juga kaya dengan alat musik seperti gambus, gong, dan suling.
  2. Upacara Adat: Masyarakat Lampung masih menjaga berbagai upacara adat yang penting dalam kehidupan mereka. Contoh upacara adat adalah Upacara Adat Hajar Dewa (persembahan untuk dewa-dewa), Upacara Maulud (perayaan kelahiran Nabi Muhammad), dan Upacara Adat Melinting (upacara tradisional untuk menyambut tamu).
  3. Pakaian Adat: Pakaian adat Lampung juga menjadi bagian slot penting dari budaya lokal. Wanita Lampung sering mengenakan kebaya dengan hiasan khas Lampung seperti hiasan kepala dari kain songket, sedangkan pria sering mengenakan pakaian tradisional berupa baju koko atau baju kurung.
  4. Makanan dan Kuliner: Kuliner Lampung terkenal dengan hidangan-hidangan yang khas dan lezat. Contoh hidangan khas Lampung antara lain Pindang Ikan, Gulai Sotong, Kemplang, dan Rujak. Budaya makan bersama juga sangat penting di Lampung, di mana masyarakat sering berkumpul untuk menikmati hidangan bersama-sama.
  5. Festival dan Perayaan: Kota Lampung juga mengadakan berbagai festival dan perayaan budaya setiap tahunnya. Contohnya adalah Festival Krakatau, Festival Kesenian Lampung, dan berbagai perayaan keagamaan seperti Idul Fitri dan Natal.
  6. Kerajinan Tangan: Lampung terkenal dengan berbagai kerajinan tangan tradisional seperti anyaman bambu, tenun ikat, dan ukiran kayu. Kerajinan tangan ini sering digunakan sebagai hiasan rumah atau souvenir untuk wisatawan.
  7. Bahasa dan Aksara Lampung: Bahasa Lampung adalah bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat Lampung sehari-hari. Selain itu, Lampung juga memiliki aksara sendiri yang disebut dengan aksara Lampung, meskipun penggunaannya tidak se luas penggunaan bahasa Indonesia.

Ini hanya beberapa contoh dari kekayaan budaya yang dapat Anda temui di Kota Lampung. Budaya Lampung sangat beragam dan menarik untuk dieksplorasi oleh wisatawan yang tertarik dengan warisan budaya lokal.

Budaya Unik Di Lampung

Lampung memiliki beberapa budaya unik yang membedakannya dari daerah lain di Indonesia. Berikut adalah beberapa contoh budaya unik yang dapat ditemui di Lampung:

  1. Tarian Gending Sriwijaya: Tarian ini menggambarkan kebesaran Kerajaan Sriwijaya yang pernah berdiri di wilayah Sumatera. Tarian ini biasanya ditampilkan dalam upacara adat atau acara budaya lainnya, dan menggunakan gerakan yang elegan dan indah.
  2. Tari Piring: Tari Piring adalah salah satu tarian tradisional Lampung yang paling terkenal. Dalam tarian ini, penari menari dengan membawa piring di tangan mereka. Gerakan yang energik dan dinamis menunjukkan kekuatan dan keindahan budaya Lampung.
  3. Kuda Lumping: Kuda Lumping adalah pertunjukan seni tradisional yang biasa ditemui di Lampung. Pertunjukan ini melibatkan penari yang menunggangi kuda palsu dan menampilkan gerakan yang cepat dan dinamis. Kuda Lumping sering ditampilkan dalam acara-acara perayaan dan upacara adat.
  4. Pantun: Pantun adalah bentuk puisi lisan tradisional yang sering dipraktikkan oleh masyarakat Lampung. Pantun biasanya digunakan dalam berbagai kesempatan seperti upacara adat, perayaan, atau bahkan dalam percakapan sehari-hari. Pantun sering kali mengandung makna filosofis atau nasihat yang bijaksana.
  5. Rumah Adat: Lampung memiliki rumah adat tradisional yang disebut dengan “rumah panggung” atau “rumah adat siger”. Rumah adat ini memiliki arsitektur yang unik, dengan atap berbentuk melengkung dan ukiran-ukiran hiasan yang indah. Rumah adat ini masih dipertahankan oleh masyarakat Lampung sebagai simbol identitas budaya mereka.
  6. Festival Krakatau: Festival Krakatau adalah acara tahunan yang diadakan di Lampung untuk memperingati letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883. Festival ini diisi dengan berbagai acara seperti konser musik, pameran seni, dan kegiatan budaya lainnya yang menampilkan kekayaan budaya dan tradisi Lampung.
  7. Seni Anyaman: Masyarakat Lampung juga terkenal dengan seni anyaman mereka. Mereka membuat berbagai produk anyaman seperti tikar, tas, topi, dan hiasan dinding menggunakan bahan alami seperti bambu, rotan, atau pandan.

Ini hanya beberapa contoh budaya unik yang dapat ditemui di Lampung. Keberagaman budaya ini menambah kekayaan dan daya tarik provinsi ini sebagai tujuan wisata budaya di Indonesia.

You May Also Like

More From Author