Mengenal Budaya Unik di Tibet, Negari Atap Dunia

3 min read

Tibet yang terletak di Pegunungan Himalaya, secara geografis sudah istimewa. Negeri yang dijuluki puncak dunia ini memang berbeda. Kebudayaan serta hal unik yang hanya ada di Tibet adalah alasan terbaik bagi Teman Traveler untuk kapan-kapan mengunjunginya. Sabar, semua akan ke Tibet pada waktunya. Apa saja kebudayaan serta hal unik yang ada di sana? Simak yuk!

1. Sky Burial

Prosesi pemakaman di setiap negara tidak selalu sama. Di Indonesia saja, terdapat banyak sekali budaya pemakaman yang berbeda. Di Tibet sana, terdapat beberapa jenis prosesi pemakaman. Salah satu yang unik adalah sky burial. Sky burial adalah prosesi memotong-motong tubuh jenazah, menyimpan atau membiarkannya di atas bukit dan membiarkan sampai potongan tubuh tersebut habis dimakan burung bangkai.

Kebudayaan ini tentu saja mempunyai latar belakang. Yaitu kontur tanah Tibet yang tidak memungkinkan untuk mengubur atau membakar mayat dan kepercayaan masyarakat Tibet terhadap reinkarnasi.

2. Budaya Poliandri

Meski saat ini budaya poliandri tidak atau mulai jarang dilakukan oleh masyarakat Tibet, budaya mengenai “berbagi” istri ini sudah terlanjur menjadi cerita tersendiri. Di Tibet, menikah dengan saudara dari suami atau berhubungan dengan ipar bukan sesuatu yang besar. Melainkan hal biasa saja yang didasari kebutuhan. Semakin banyak laki-laki di rumah, sebuah keluarga akan semakin kuat. Begitu kira-kira.

3. Yak

Yak, atau Bos grunniens dalam bahasa Latin merupakan hewan sejenis sapi yang banyak dan hanya ada di Tibet serta kawasan Himalaya dan Asia Tengah. Yak sendiri sebenarnya adalah sebutan untuk spesies jantan, sedangkan untuk spesies betina disebut Nak atau Dri.

Baca Juga :

Mengenal Budaya Jepang Beserta Tradisi dan Kebiasaannya yang Patut Ditiru

Suku Indian : Sejarah, Kebudayaan, Ciri khas dan Kehidupan

Sapi asli Tibet ini memiliki bulu yang tebal dan panjang untuk menyesuaikan dengan suhu yang dingin. Tinggi Yak bisa mencapai 2 meter. Seperti sapi, Yak juga bisa dimanfaatkan susunya. Susu Yak berwarna merah jambu, lho. Selain itu, binatang ini juga biasa diternakkan, dijadikan mahjong ways 2 hewan pengangkut barang dan pembajak sawah.

4. Tibetan Mastiff

Tibetan Mastiff adalah anjing dengan tubuh yang besar dan bulu yang tebal. Ia berasal dari Tibet, namun belakangan tidak hanya ada di Tibet. Sebab, masyarakat kaya China mulai tertarik dengan anjing ini dan menganggapnya sebagai simbol kemakmuran. Tibetan Mastiff dibawa dari Tibet kemudian dikembangbiakan dan dijadikan sebagai hewan peliharaan.

5. Kamar Mandi adalah Kemewahan

Hal unik lain yang bisa Teman Traveler temukan saat berkunjung ke Tibet adalah fakta bahwa kamar mandi bagi orang-orang Tibet adalah salah satu kemewahan. Tidak semua rumah dilengkapi dengan kamar mandi.

Untuk keperluan mandi, masyarakat Tibet harus pergi ke tempat pemandian umum. Keberadaan air jadi hal yang mewah di sana. Masyarakat Tibet terbiasa untuk mandi satu minggu satu kali saat musim panas, sementara saat musim dingin tiba, mereka biasa mandi satu bulan sekali, atau bahkan lebih. Namun, sadar dengan potensinya sebagai tempat wisata, Tibet mulai menyediakan toilet-toilet. Jangan khawatir!

Tibet tetap dengan keistimewaannya yang selalu berhasil membuat penasaran.

You May Also Like

More From Author