3 Tip Ini untuk Siapkan Tabungan Pendidikan Anak Sejak Dini

3 min read

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, inflasi pendidikan di Indonesia daftar joker123 capai 3,18 prosen dan duit pangkal sekolah mengalami kenaikan biasanya sebesar 10-15 prosen tiap-tiap tahun. Pemerintah sesungguhnya telah beri tambahan jaminan pendidikan gratis. Namun, hal ini hanya berlaku untuk sekolah negeri hingga jenjang pendidikan menengah atau sekolah menengah atas (SMA).

Orangtua yang idamkan menyekolahkan anaknya di sekolah swasta atau melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi selamanya wajib buat persiapan biaya pendidikan yang tak sedikit. Biaya tersebut pun kian meningkat sejalan jenjang yang ditempuh. Masih menurut BPS, biasanya biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan sekolah basic (SD) atau sederajat adalah Rp 3,24 juta terhadap th. ajaran 2020/2021.

Sementara itu, biasanya biaya yang wajib dikeluarkan untuk mengenyam pendidikan sekolah menengah pertama (SMP) atau sederajat sebesar Rp 5,59 juta. Kemudian, biasanya biaya yang dibutuhkan untuk duduk di bangku SMA atau sederajat sebesar Rp 7,8 juta. Di tingkat perguruan tinggi, biaya yang dibutuhkan untuk mengenyam pendidikan tercatat sebesar Rp 14,47 juta. Jumlah itu naik hampir dua kali lipat jika dibandingkan jenjang pendidikan sebelumnya.

Berkaca dari knowledge tersebut, orangtua seyogianya wajib berencana keuangan untuk pendidikan anak secara matang. Bahkan, andaikata memungkinkan, biaya pendidikan anak wajib disiapkan sebelum saat si anak lahir. Berikut tip berencana keuangan secara tepat untuk bekal biaya pendidikan anak di era mendatang.

Riset biaya pendidikan sesuai jenjang

Sebagai langkah pertama, orangtua mampu terasa mencari informasi tentang biaya pendidikan sesuai jenjang yang bakal ditempuh anak. Sebagai perbandingan, buat daftar biaya pendidikan dari sejumlah sekolah impian di tiap jenjang. Ketahui juga kenaikan biaya pendidikan per th. terhadap masing-masing sekolah.

Buat rencana anggaran pendidikan

Setelah menyadari biaya pendidikan di sekolah impian, orangtua mampu membawa dampak rencana anggaran sesuai periode pas belajar. Untuk jenjang SD, misalnya, orangtua wajib buat persiapan dana pendidikan selama enam th. ke depan. Kemudian, untuk jenjang SMP dan SMA, orangtua wajib buat persiapan dana pendidikan selama masing-masing tiga tahun.

Baca Juga : Beberapa Kegiatan Sekolah Yang Mendukung Kesehatan Mental Remaja

Adapun jenjang perguruan tinggi, dibutuhkan biaya pendidikan selama 4-6 th. bergantung jurusan yang bakal dipilih anak. Dari situ, orangtua mampu menentukan prioritas alokasi gaji tiap-tiap bulan untuk pendidikan anak. Jangan lupa untuk memperkirakan tingkat inflasi pendidikan. Di tingkat perguruan tinggi, biaya yang dibutuhkan untuk mengenyam pendidikan tercatat sebesar Rp 14,47 juta. Jumlah itu naik hampir dua kali lipat jika dibandingkan jenjang pendidikan sebelumnya.

Buka tabungan anak

Tabungan anak merupakan tabungan khusus yang dimaksudkan untuk anak. Tabungan ini mampu dimanfaatkan untuk beraneka target finansial, juga sebagai tabungan pendidikan anak. Sebelum terhubung tabungan anak, orangtua wajib memastikan bahwa bank yang sediakan layanan tersebut telah mendapat jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Masih menurut BPS, biasanya biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan sekolah basic (SD) atau sederajat.

You May Also Like

More From Author