22 Tempat Wisata Di Tangerang Dilengkapi Wisata Terbaru

14 min read

Tempat Wisata Di Tangerang Dilengkapi Wisata Terbaru

Tempat wisata di Tangerang yang instagramable dan pastinya kece banyak banget. Secara kawasan Tangerang ini luas, dan wilayahnya terbagi menjadi Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Tangerang Selatan. Tangerang merupakan sebuah kota yang berada dekat dengan Jakarta, dan menjadi salah satu wilayah penyangga Ibukota negara. Tak heran jika Tangerang memiliki kepadatan yang hampir sama dengan DKI. Tempat wisata yang beragam tersebut mampu mengobati kejenuhan bagi siapa saja yang mengunjunginya. Dan dijamin pasti instagramable dan kekinian banget deh.

Berikut beberapa tempat wisata di Tangerang yang wajib untuk dikunjungi:

1. Tebing Koja

tebing kojatebing kojatebing koja

Untuk destinasi wisata yang pertama saya pilihkan sebuah tempat yang judi bola online instagramable, dimana kamu seperti sedang berada di kandang godzila. Nama tempat wisata nyentrik satu ini bernama Tebing Koja.

Lokasi wisata ini sempat viral sekitar tahun 2017 lalu, karena banyaknya pengunjung yang upload hasil foto mereka dengan latar tebing batu tinggi. Ya….mirip-mirip kayak di Film Jurassic Park lah,,,,,

Tebing Koja ini selalu ramai dikunjungi wisatawan apalagi jika akhir pekan tiba. Selain hunting foto-foto kece, biasanya mereka juga menunggu tenggelamnya matahari.

  • Lokasi dan alamat Tebing Koja: Cireundeu, Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.
  • Jam operasional: Senin – Minggu, mulai pukul 06.00 hingga 18.00
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,- per orang

2. Scientia Square Park

Tempat wisata selanjutnya ialah Scientia Square Park, yang memberikan sebuah ruang terbuka hijau dengan beragam wahana seru dan pastinya mengedukasi. Cocok sebagai destinasi wisata keluarga di akhir pekan.

Scientia Square Park berada di lahan seluas 1 ha. dan membagi wilayahnya menjadi 3 zona yakni:

  • Zona Safari,
  • Zona adventure, dan
  • Zona Farm & Sustainability.

Di setiap zona tersebut dihadirkan wahana-wahana seru yang sayang untuk kamu lewatkan.

  • Lokasi dan alamat: Jl. Scientia Boulevard, Curug Sanggereng, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.
  • Jam buka: Senin-Kamis, mulai pukul 08.00-19.00 sedangkan untuk weekend dibuka lebih awal yakni pukul 07.00
  • Tiket masuk: Rp. 45.000 (weekdays) dan Rp. 95.000 (weekend)

3. Floating Castle Froggy Educatography

floating castle froggy educatographyfloating castle froggy educatographyfloating castle froggy educatography.

Selanjutnya ada Floating Castle Educatography yang mengusung sebuah konsep negeri dongeng, yang akan memberikan pengalaman seru bermain sambil belajar.

Bangunan Floating Castle Froggy Educatography terlihat sangat megah dan menawan, berdasarkan info yang didapat konsep bangunannya mengambil dari cerita Jack dan Kacang Ajaib. Meskipun benar-benar tidak melayang di atas awan.

Dengan memiliki 10 lantai dimana di setiap lantainya memiliki konsep berbeda dalam membuat mimpi anak menjadi nyata. Di Floating Castle Froggy ini pun dilengkapi dengan beragam spot foto yang Instagramable banget.

4. Museum Benteng Heritage

Museum Benteng Heritage merupakan sebuah tujuan wisata sejarah yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Kota Tangerang. Museum ini akan memberikan gambaran bagaimana peradaban Tionghoa di Tangerang pada zaman dulu.

Museum Benteng Heritage dibangun pada abad ke-17, namun terlihat masih kokoh dan kuat. Museum ini satu atap dengan restoran yang menyajikan makanan khas Tionghoa.

  • Lokasi & alamat: Jl. Cilame No.20, Pasar Lama, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten.
  • Jam buka: setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 17.00
  • Tiket masuk: berkisar antara Rp. 10.000,- hingga Rp. 30.000,-

5. Pasar Lama Tangerang

pasar lama tangerangpasar lama tangerangpasar lama tangerang

Pasar Lama Tangerang bisa dibilang merupakan kawasan kuliner favorit yang ada di Tangerang. Dimana kamu akan mendapati beragam jajanan yang menggugah selera, khususnya di malam hari.

Kawasan Pasar Lama akan lebih padat di malam hari apalagi jika weekend, banyak pengunjung yang menghabiskan waktu malam bersama sambil mencicipi makanan-makanan yang berderet di sepanjang jalan. Untuk kamu yang senang nyemal nyemil, sempatkan waktu untuk mengunjungi Pasar Lama Tangerang.

  • Lokasi & alamat: Jl. Kisamaun, Pasar lama, Kecamatan tangerang. Kota Tangerang, Banten.
  • Jam buka: pukul 16.00 hingga 22.00, jika weekend waktu tutup nya bahkan sampai pukul 23.00 malam.

6. Klenteng Boen Tek Bio

klenteng boen tek bioklenteng boen tek bioklenteng boen tek bio.

Klenteng Boen Tek Bio ialah sebuah tempat ibadah bagi Tionghoa dan merupakan klenteng tua yang ada di Tangerang. Klenteng ini dibangun sekitar tahun 1684. Dan lokasinya tak begitu jauh dari kawasan Pasar Lama.

Klenteng Boen Tek Bio dapat dijadikan tujuan wisata sejarah dan budaya, dimana kamu akan mendapati barang-barang antik serta desain bangunan yang sangat menawan.

  • Lokasi: Jl. Bhakti No.14, Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten.
  • Tiket masuk : Gratis

7. Situ Gintung

Situ Gintung dapat menjadi tujuan wisata selanjutnya, yang merupakan danau buatan yang dibangun pada tahun 1933 silam. Dan mulai beroperasi sebagai tempat wisata sekitar tahun 1970.

Kawasan Situ Gintung dibagi mejadi 3 bagian, yakni:

  • Situ Gintung 1 yang berupa waduk atau danau buatan.
  • Situ Gintung 2 berupa area waterpark, dan
  • Situ Gintung 3 berupa tempat wisata alam dan outbound.

Maka dapat dibilang Situ Gintung merupakan satu kawasan dengan beragam keseruan dalam satu kawasan.

  • Lokasi dan alamat: Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten.
  • Tiket masuk: antara Rp. 10.000,- hingga Rp. 45.000,-

8. Ocean Park BSD

ocean park bsdocean park bsdocean park bsd.

Saatnya kita bermain air guys,,,,Ocean Park BSD dapat menjadi salah satu pilihan disamping banyaknya lokasi wisata air yang ada di Tangerang. Kenapa saya pilih Ocean Park BSD? Karena waterpark ini termasuk waterpark terbaik ke-17 se-Asia Pasifik.

Dengan memiliki luas sekitar 8,6 ha. Ocean Park BSD memberikan kamu sensasi bermain yang lain selain bermain air. Dan ngga pernah sepi pengunjung apalagi di akhir pekan.

Saat ini pembelian tiket Ocean Park BSD hanya melayani lewat ATM atau ECR, serta pengunjung lansia, ibu hamil dan anak-anak di bawah 90 cm belum diizinkan untuk masuk.

  • Lokasi dan alamat: Jl.Pahlawan Seribu, Lengkong Gudang, Serpong, Tangerang Selatan, Banten.
  • Tiket masuk: mulai Rp. 50.000,- hingga Rp. 80.000,-
  • Jam buka: setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 16.00 jika weekend jam bukanya mulai pukul 08.00

9. Sakura Garden AEON Mall

sakura parksakura parksakura park.

Layaknya kota-kota besar pada umumnya, pastilah memiliki sebuah tempat belanja modern yang megah atau biasa kita sebut mall. Di Tangerang, tepatnya di kawasan BSD terdapat sebuah mall yang memiliki konsep ala-ala Jepang.

Namanya ialah AEON Mall, yang baru dibuka pada tahun 2015 lalu. Dengan konsep yang dimilikinya, mall ini sukses menjaring pengunjung untuk terus berdatangan.

Yang menjadi daya tarik utama dari AEON Mall ialah Sakura Illumination Park atau Sakura Garden atau Taman Sakura, dimana banyak sekali bunga-bunga sakura yang ada di taman tersebut. Jika malam, Sakura Garden akan tampak jauh berbeda, dengan hiasan lampu warna-warni yang memikat.

Maka tak heran jika banyak pengunjung yang berfoto di kawasan tersebut, karena memang tempatnya instagramable banget.

  • Lokasi: Jl. BSD Raya Utama, Pagedagan, Kecamatan Pagedagan, Tangerang, Banten.
  • Jam buka: sama seperti AEON Mall yakni pukul 10.00-22.00

10. Telaga Biru Cisoka

telaga biru cisokatelaga biru cisokatelaga biru cisoka.

Inilah tujuan wisata terakhir di Tangerang yang harus kamu kunjungi, yakni Telaga Biru Cisoka atau Danau Biru Cigaru. Kawasan ini awalnya berupa tempat galian tambang pasir, yang ditutup pada tahun 2010.

Kemudian saat ini berubah menjadi sebuah kawasan wisata yang menghadirkan pemandangan alam yang indah. Yakni sebuah danau atau telaga yang memiliki air berwarna biru.

Hanya saja imbas pandemi ternyata mempengaruhi tempat wisata yang satu ini, sehingga keadaannya saat ini sudah sedikit tidak terawat. Padahal beberapa waktu yang lalu sempat viral, karena banyaknya pengunjung yang posting keindahan Telaga Biru Cisoka ini.

  • Lokasi: Kampung Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten.
  • Tiket masuk: Rp. 7.000,-
  • Jam buka: setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00

11. Lubana Sengkol

area monster fisharea monster fisharea monster fish.

Lubana Sengkol sebuah destinasi wisata keluarga yang memiliki tema unik, yakni sebuah area pemancingan yang kemudian dilengkapi dengan beberapa fasilitas wisata lain.

Memancing ternyata eh ternyata memiliki banyak manfaat, apalagi untuk anak-anak misalnya saja:

  • Meningkatkan konsentrasi,
  • Menjaga daya penglihatan,
  • Melatih kesabaran, dan lain sebagainya.

Untuk memancing di Lubana Sengkol tidak perlu repot – repot, karena semua hal yang kamu butuhkan ada disini. Mulai dari penyewaan joran hingga pembelian pakan ikan sudah tersedia, biayanya juga nggak begitu mahal mulai dari Rp. 12.000,- saja.

Selain memancing, Lubana Sengkol juga memiliki fasilitas resto yang nyaman, lokasi outbound yang luas, wahana air, serta dekat pula dengan kawasan Al Mahmudah Manasik Training Center (AMTC).

  • Lokasi: Jl. Lingkar Selatan, Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan, Banten.
  • Jam buka: 09.00 – 18.00
  • Tiket masuk: Rp. 10.000,-

12. Trans Snow World Bintaro

trans snow world bintarotrans snow world bintarotrans snow world bintaro.

Trans Snow World Bintaro cara seru bermain salju di daerah tropis macam Indonesia, secara iklim di kita tidak memungkinkan untuk turunnya salju. Itulah yang membuat warga Indonesia penasaran dengan bentuk dan rasanya bersalju.

Ajibnya lagi lokasi destinasi wisata keluarga yang satu ini bukan hanya di satu daerah saja, melainkan terdapat di beberapa tempat seperti:

  • Trans Snow World Bekasi,
  • Trans Snow World Bintaro, dan
  • Trans Snow World Surabaya.

Tema yang diusung Trans Snow World Bintaro berbeda dengan yang ada di Bekasi, jika di Bekasi mengusung tema musim dingin di Swiss sedangkan di Bintaro ini mengusung tema musim dingin di Jepang dimana Gunung Fuji menjadi view utamanya.

Bukan hanya anak-anak yang tampak excited, kamu pun yang baru pertama merasakan suasana seperti ini pasti merasa senang dan senang banget. Apalagi banyak ragam wahana seru yang dapat kamu lakukan.

  • Lokasi: Transpark Mall Bintaro Lantai 3
  • Alamat: Jl. Prof. DR. Satrio No.5 Pondok Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten.
  • Jam buka: 10.00 – 18.00
  • Tiket masuk: Rp. 230.000,-

13. Broadway Alam Sutera

suasana di malam harisuasana di malam harisuasana di malam hari.

Broadway Alam Sutera Flavor Bliss atau lebih dikenal Broadway Alam Sutera, tempat nongkrong yang asyik untuk dikunjungi baik bersama keluarga ataupun bestie.

Flavor Bliss atau Broadway Alam Sutera salah satu tempat wisata kuliner yang asyik untuk dikunjungi, apalagi di sore hingga malam hari. Banyak tempat makan yang ikonik dengan harga yang worth it.

Bangunan-bangunan yang ada keren banget, warnanya pun berwarna. Kayak bukan lagi di Tangerang gitu, emang konsep Broadwaynya tuh ngena banget. Yang pas banget untuk dijadikan lokasi berfoto.

  • Lokasi: Jl. Alam Sutera Boulevard, Pakulon, Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten.
  • Jam buka: 07.00 – 22.00
  • Tiket masuk: Rp. 30.000,-

14. Amsterdam Waterpark

waterparkwaterparkwaterpark.

Amsterdam Waterpark salah satu kolam renang di Kotabumi yang sering dijadikan lokasi wisata keluarga, tema utamanya ialah Amsterdam Belanda.

Banyak bangunan-bangunan ikonik di negeri kincir tersebut yang ada di sekitar kawasan Amsterdam Waterpark, hingga menjadi spot foto yang paling banyak diburu pengunjung.

Kolam renang di Amsterdam Waterpark terdiri dari kolam anak dan kolam dewasa, yang sudah dilengkapi dengan wahana permainan yang seru dan seru banget.

  • Lokasi: Perumahan Villa Tomang Baru
  • Alamat: Jl. Mega Raya Boulevard No.1, Kuta Jaya, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten.
  • Jam buka: 08.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 38.000,-

15. Citra Raya World of Wonder

spot instagramablespot instagramablespot instagramable.

Citra Raya World Of Wonder berada di kawasan Citra Raya Cikupa, Tangerang, merupakan tempat wisata atau theme park yang menyajikan beragam wahana seru. Lokasinya berdekatan dengan Citra Raya Water World.

Banyak wahana permainan yang dapat kamu coba, serunya lagi kamu nggak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk naik semua wahana yang ada apalagi sering ada promo tiket masuknya.

Selain tempat have fun, World Of Wonder Citra Raya juga menyajikan beberapa spot wisata edukasi salah satunya ialah area 7 keajaiban dunia. Selain menjadi spot edukasi, dapat pula dijadikan spot untuk berfoto.

  • Lokasi: Jl. Citra Raya Boulevard sektor 31, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten.
  • Jam buka: 09.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 65.000,-

16. Citra Raya Water World

hadir dengan tema tema yang menarikhadir dengan tema tema yang menarikhadir dengan tema tema yang menarik.

Citra Raya Water World merupakan sebuah lokasi wisata air tematik yang berada di barat Jakarta, serta tak jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Tangerang.

Citra Raya Water World berada di atas lahan seluas 5 hektar, dengan mengusung konsep yang unik dan tematik, serta dilengkapi dengan beragam wahana air yang pastinya seru banget.

Selain kolamnya yang beragam, Citra Raya Water World juga memiliki beberapa seluncuran atau perosotan yang akan menambah keseruan berwisata.

  • Lokasi: Jl. Citra Raya Utama Timur, Mekar Bakti, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten.
  • Jam buka: 08.00 – 18.00
  • Tiket masuk: Rp. 50.000,-

17. Taman Gajah Tunggal

ikon taman gajah tunggalikon taman gajah tunggalikon taman gajah tunggal.

Taman Gajah Tunggal salah satu taman yang ada di wilayah Tangerang Kota, dengan berada di lahan yang cukup luas dengan ciri khasnya ialah mendaur ulang ban menjadi benda-benda yang bermanfaat.

Dimana wahana dan hiasan yang ada hampir seluruhnya menggunakan ban, yang akhirnya berbeda dengan taman – taman lainnya.

Yang menjadi ciri khasnya ialah keberadaan patung gajah yang sedang mengangkat 1 kaki, dan berwarna hitam pekat karena terbuat dari susunan potongan ban bekas.

Tersedia banyak tempat duduk untuk kamu bersantai serta wahana permainan yang juga terbuat dari ban bekas, unik dan menarik bukan?

  • Lokasi: Jl. Perintis Kemerdekaan I No.1, Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis

18. Pantai Tanjung Pasir

memiliki hamparan pasir yang luasmemiliki hamparan pasir yang luasmemiliki hamparan pasir yang luas.

Pantai Tanjung Pasir memiliki garis pantai sepanjang 2 km dengan hamparan pasir halus yang berwarna kecokelatan. Dari bibir pantainya kita dapat melihat barisan pulau-pulau kecil di Kepulauan Seribu.

Selain bermain air dan pasirnya di Pantai Tanjung Pasir juga ada wahana air lainnya yang harus kamu coba, salah satunya ialah Banana Boat.

Pantai Tanjung Pasir merupakan surganya para pemancing, banyak tersedia spot – spot memancing di sekitar pantai yang sudah diberi tanda. Kamu harus banget coba untuk memancing di tengah lautan, dengan menyewa perahu.

  • Lokasi: Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp. 10.000,-

19. Aloha Pasir Putih PIK 2

wisata tangerang rasa baliwisata tangerang rasa baliwisata tangerang rasa bali.

Aloha Pasir Putih merupakan tempat wisata terbaru di Kabupaten Tangerang, tepatnya di kawasan PIK 2. Dimana kamu akan merasakan suasana layaknya di Bali atau Hawaii dengan hamparan pasir putih yang cukup luas.

Aloha Pasir Putih PIK 2 baru saja dibuka untuk umum pada bulan April 2023, dan menjadi viral di berbagai media sosial. dikarenakan tempatnya yang sangat instagramable, sehingga menjadi tujuan para instaholic untuk hunting foto-foto keren.

Tiket masuk Aloha Pasir Putih PIK 2 gratis, kamu hanya perlu follow akun IG dari Aloha Pasir Putih PIK 2. Waktu terbaik mengunjungi Aloha Pasir Putih PIK 2 ialah di sore hari.

Aloha Pasir Putih PIK 2 merupakan lokasi wisata keluarga yang paket komplit, bisa dikunjungi oleh balita hingga usia senja. Dengan menghadirkan beberapa ragam wisata untuk semuanya.

  • Lokasi: Kawasan PIK 2, Jl. Laksamana Yos Sudarso, Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang
  • Jam buka: 10.00 sampai dengan22.00

20. Jasmine Park

jembatan ikonik Jasmine Parkjembatan ikonik Jasmine Parkjembatan ikonik Jasmine Park.

Tempat wisata di Tangerang yang satu ini termasuk kedalam list tempat wisata baru yang akan memberikan pengalaman seru, apalagi untuk kamu yang masih memiliki anak-anak.

Meski belum dibuka secara resmi, pengunjung yang datang ke Jasmine Park tak pernah sepi apalagi jika di akhir pekan dan hari libur.

Jasmine Park Ind Tangerang ini sebetulnya merupakan kebun binatang mini dengan berbagai jenis koleksi hewan. Meski memang koleksinya tak seperti Kebun Binatang Ragunan ataupun Taman Safari.

Jasmine Park dapat menjadi pilihan wisata keluarga yang recommended untuk dikunjungi, selain itu bisa juga dijadikan lokasi nongkrong ataupun kumpul bareng keluarga tercinta.

  • Lokasi: Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang
  • Jam buka: 09.00 sampai dengan 18.00
  • Tiket masuk: saat ini masih gratis

21. Tropicana Waterpark

Tempat wisata Terbaru di Tangerang yang satu ini colourfull so pasti instagramable banget deh, untuk kamu pecinta warna – warna lembut nan cantik wajib banget ke sini. Lokasinya berada di sekitar Cimone, Kota Tangerang.

Tropicana Waterpark buka setiap hari, mulai pukul 09.00 sampai dengan 18.00 dengan tiket masuk yang terbagi kedalam beberapa paket. Sehingga kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan liburan yang akan digunakan.

Tropikana Waterpark menyajikan perpaduan warna-warna yang lembut atau biasa disebut warna pastel, ada warna hijau, biru, putih, pink dan kuning. Berpadu menjadi satu kesatuan yang sangat cantik dan memiliki beberapa kolam renang, baik untuk anak hingga untuk dewasa.

Untuk kamu yang membeli tiket paket All In dapat akses gratis memasuki kawasan Playzone, yakni sebuah spot bermain untuk anak yang terdiri dari rumah balon, trampolin, dan beberapa permainan seru lainnya.

Memasuki kawasan Tropikana Waterpark setiap pengunjung dilarang untuk membawa makanan ataupun minuman dari luar, Paradiso Resto merupakan sebuah restoran tempat kamu mengisi perut setelah ataupun sebelum berenang.

22. Batavia Splash Water Adventure

Batavia Splash Water Adventure disebut pula Puri Jaya Batavia Splash Adventure, yang konon katanya merupakan kolam renang milik Sultan Andara yakni Raffi Ahmad.

Tempat wisata Tangerang yang satu ini memiliki area yang cukup luas, teduh dan banyak gazebo yang tersebar di setiap sisinya.

Batavia Splash Water Adventure memiliki beberapa kolam, mulai dari kolam anak hingga dewasa. Dimana tema utamanya ialah Jakarta Tempo Dulu.

  • Lokasi: Perumahan Grand Batavia
  • Alamat: Jl. Raya Cadas-Kukun, Sindangsari, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang
  • Jam buka: 08.00-17.30 (hari Senin libur)
  • Tiket masuk: Rp. 30.000,- hingga Rp. 50.000,-

Nah inilah 22 tempat wisata di tangerang yang wajib kalian datangi.

Baca Juga: https://bodington.org/tempat-wisata-di-jakarta-paling-hits/

You May Also Like

More From Author