10 Nama Makanan Unik di Indonesia yang Bikin Gak Habis Pikir!

5 min read

kuliner Indonesia Yang Unik

Kekayaan kuliner Indonesia tidak hanya mencakup jenis hidangan saja, melainkan juga nama dari panganannya. Sebut saja empal gentong yang terdengar unik sebagai nama makanan. Selain itu, kita juga bisa menemukan nama makanan aneh dan unik lain yang judi bola online tersebar di Nusantara. Penasaran ada apa saja makanan khas yang diberi istilah khusus? Baca selengkapnya di Yummy App, ya!

1. Kue cubit

Daftar nama makanan unik dibuka oleh kue cubit, jajanan yang populer di kalangan pelajar karena sering dijual di depan sekolah.

Nama kue yang terbuat dari terigu dan susu ini mengacu proses pembuatannya yang dicapit oleh penjepit makanan. Adonan kue yang dicetak ke loyang logam aneka bentuk, kemudian diangkat dengan penjepit seperti dicubit saat matang. Beberapa orang juga menyukai adonan yang masih basah, lalu ditambah taburan meses untuk menyempurnakan rasa.

2. Roti jala

Bagi kamu yang pernah mencicipi roti jala, mungkin sudah paham mengapa makanan khas Melayu ini dinamai demikian.

Roti jala terbuat dari adonan tepung yang dicampur air dan telur, kemudian dicetak dengan alat khusus yang hasilnya menyerupai jaring penuh rongga. Karena bentuknya yang tak biasa itu, roti jala termasuk makanan yang memiliki nama unik.

Setelah dibentuk di atas wajan datar, roti jala lalu digulung untuk memudahkan dicocol ke kuah kari ayam atau kambing. Cara menikmati roti jala tersebut sudah dilakukan turun temurun oleh warga Sumetera Utara.

3. Kue ape atau kue tete

Jajanan tradisional khas Betawi juga memiliki nama makanan unik yang sempat jadi perbincangan banyak orang. Kue yang berbentuk bulat dengan tonjolan di tengah ini lebih dulu dikenal sebagai kue ape.

Namun, tidak sedikit juga yang memanggil makanan ini dengan kue tete, yang konon bentuknya dianggap mirip payudara. Terlepas dari namanya yang unik, kue ini memiliki rasa manis dan wangi khas yang berasal dari arang. Kalau kamu berkesempatan mencoba, silakan cicipi kudapan favorit warga Jakarta dan sekitarnya ini, ya!

4. Onde-onde ketawa

Nama makanan unik yang juga dari kategori camilan adalah onde-onde ketawa. Bukan karena kalau dimakan bisa membuat kamu terbahak-bahak, melainkan bentuknya yang mirip ketika orang tertawa. Dinamakan demikian juga untuk membedakan dengan onde-onde biasa yang diisi kacang hijau. Onde-onde ketawa tidak memiliki isian khusus, hanya dibelah empat pada bagian atas agar merekah saat digoreng.

Umumnya, makanan dengan taburan wijen yang melimpah ini lebih tahan lama dibanding versi onde-onde orisinal. Hal itu disebabkan onde-onde ketawa tidak punya isian dan digoreng sampai kering. Jadi, sangat cocok untuk dicamil seharian.

5. Lidah kucing

Lidah kucing adalah kue kering (kuker) yang sering jadi rebutan saat lebaran. Meski meminjam nama bagian tubuh kucing, kuker ini tidak punya banyak kaitan dengan hewan itu selain karena bentuknya yang panjang dan pipih, mirip lidah kucing.  Dengan rasa yang manis-gurih, kue warisan Belanda ini sudah menjelma jadi kesukaan orang Indonesia. Tekstur yang renyah juga menambah kelezatan saat menikmati kue lidah kucing.

6. Nasi kucing

Kreativitas orang Indonesia dalam memberi nama makanan unik juga merambah ke menu utama alias main course. Dinamai nasi kucing, tapi hidangan khas angkringan ini sepenuhnya ditujukan untuk manusia. Kalau kamu belum sempat bertanya ke penjual angkringan alasan di balik penamaan nasi kucing, kamu bisa menemukan jawabannya di sini.

Sebagai informasi, nasi kucing biasa disajikan dalam porsi mini dengan lauk yang juga sangat minim. Sebungkus nasi kucing bisa kamu lahap dalam 3 suapan, dengan taburan ikan teri, tempe, atau suwiran ayam yang sangat ngepas.  Penyajian dalam porsi kecil itulah yang dianggap mirip jatah makan kucing. Per bungkus nasi kucing juga dijual murah, mulai dari Rp2.500,- saja.

7. Sate kere

Kalau bicara nama makanan unik, kita gak bisa membiarkan sate kere khas Solo, nih. Dalam bahasa Jawa “kere” bermakna miskin, yang mewakili harga miring sate ini.

Berbeda dengan sate daging yang harganya relatif mahal, sate kere adalah alternatif yang lebih aman untuk dompet. Dibuat dengan tempe gembus, sate kere dibakar dan ditambah bumbu kacang yang rasanya menyatu kala dinikmati bersama. Selain lebih terjangkau, sate kere termasuk bisa menjadi opsi menarik untuk kamu yang vegan. Seratus persen terbuat dari bahan nabati, sate kere pasti menjadi energi tarik tersendiri, bukan?

8. Kerupuk melarat

Tidak jauh-jauh dari konsep hemat budget, kerupuk melarat berhasil masuk dalam nama makanan unik yang terkenal. Kerupuk dengan warna-warni yang mencolok ini berasal dari Cirebon, dan banyak dipasarkan di sepanjang jalan.

Melarat yang merupakan sinonim dari miskin, menjelaskan bagaimana kerupuk ini dibuat. Disebut melarat karena alih-alih digoreng dalam minyak, kerupuk ini disangrai menggunakan pasir yang dipanaskan di atas wajan.

Tidak hanya unik, kerupuk melarat juga lebih aman dinikmati sebagai camilan ringan. Warga Cirebon biasa menambahkan sambal asam ketikan mengonsumsi kerupuk melarat yang renyah dan nagih ini.

9. Singkong bajingan

Bagi orang di luar Temanggung, nama olahan berbahan dasar singkong ini mungkin terdengar menyinggung. Padahal, namanya yang unik mencerminkan bentuknya yang mirip hewan bajing atau tupai.

Kudapan ini dibuat dengan merebus ketela pohon dengan santan yang dicampur gula jawa. Setelah matang, bentuk singkong yang memanjang dan berwarna cokelat dinilai menyerupai penampakan bajing.  Terlepas dari namanya yang menggelikan, makanan ini sangat legit dan patut dicoba sebagai variasi olahan singkong.

10. Tahu gimbal

Penutup daftar nama makanan unik kali ini adalah kuliner khas Kota Atlas, Semarang. Perpaduan bahan utama berupa tahu dan gimbal (udang goreng tepung) yang disiram sambal kacang adalah kenikmatan tak terelakkan.

Dinamai gimbal karena adonan udang goreng tepungnya adalah tipe yang lunak dan basah, seperti gumpalan tak beraturan. Namun, begitu irisan gimbalnya disatukan dengan kondimen lain, teksturnya menyatu dengan sempurna.

Seporsi tahu gimbal disajikan dengan lontong, tauge, kol, dan telur goreng. Untuk rasa terbaik, jangan lupa diaduk biar bumbunya tercampur rata, ya!

Nama makanan aneh dan unik seperti di atas seringkali membekas di ingatan dan bikin kita penasaran. Penciptaan nama yang tidak biasa itu ternyata menunjukkan ciri khas dari masing-masing makanan. Meski semuanya memiliki sebutan spesial, mana, nih, yang bikin kamu kepikiran?

You May Also Like

More From Author